Facebook Jadi Ajang Kampanye Pemilu Calon Legislatif

5 04 2009

Sesuaikan ukuran huruf: Perkecil font Perbesar font
foto berita artikel

Pemilu legislative tinggal seminggu lagi, atau tepatnya tanggal 9 April 2009, saatnya memberikan suara untuk memilih dan mencontreng anggota legislative atau partai yang akan duduk di DPR RI, DPRD Propinsi, DPRD Kota/Kabupaten dan DPD yang terbaik. Sedangkan untuk pemilihan Presiden akan dilaksanakan tanggal 8 Juli 2009.

Sejak kampanye tiga minggu yang lalu, banyak calon legislative dari berbagai partai yang beramai-ramai menempelkan stiker, memasang spanduk, baliho, banner ataupun menyebarkan selebaran ke jalan-jalan ataupun langsung datang door-to-door. Bahkan, ada juga yang terinspirasi untuk mengiklankan diri di media massa, seperti di media cetak, media televisi dan radio, dan media online.

Kini banyak calon legislative (caleg) yang tidak buta Internet. Mereka menggunakan situs jejaring social, seperti Facebook untuk mempromosikan kampanye dirinya ataupun partainya. Jika ditengok ke belakang, mungkin semua itu karena terinspirasi dari kesukesan Presiden Obama menjadi orang pertama di Amerika. Presiden Obama sukses menduduki kursi kepresidenan Amerika karena idenya yang kreatif untuk menguasai dunia kampanye online, seperti membuat blog, memanfaatkan semua situs jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter.

Oleh karena itu, para caleg dan atau capres-cawapres berbondong-bondong menampilkan profil diri, visi misi, program kerja, blue print kepemimpinan caleg, atribut kampanye, dan foto-foto terbaiknya di situs jejaring sosial tersebut, yang didirikan oleh seorang lulusan Harvard, Mark Zuckerberg, pada 4 Februari 2004 lalu. Sebagian dari caleg dan atau capres-cawapres akan membuat suatu profil page dirinya, atau group atau fan page, ataupun membuat RSVP atau dalam bahasa Perancis berarti R├ępondez S’il Vous Plait atau invitation untuk event-event partai atau kampanyenya.

Untuk caleg yang masih muda atau yang sudah dewasa pun, tak tanggung-tanggung ada yang memasang foto bersama sang pacar, atau keluarganya, ataupun mereka yang baru menikah memajang foto pernikahannya. Dengan berbagai fasilitas yang ada di Facebook, maka situs tersebut kemudian digunakan sebegai media baru untuk berkampanye, mulai dari yang gratis hingga bertarif.

Namun, sayangnya masih banyak penduduk Indonesia yang buta Internet, atau sebagian dari mereka sudah mengenal Facebook, namun tidak mengetahui mengenai aktivitas para caleg dan atau capres-cawapres melalui Facebook. Oleh karena itu, berkampanye via Facebook ini juga masih diragukan efektivitasnya oleh banyak pihak. Jika pengguna Facebook ingin mengetahui siapa saja caleg atau capres-cawapres yang beraktivitas di Facebook, cukup ketikkan nama caleg atau capres-cawapres dan atau nama partai di sisi pojok kanan atas, bagian pencarian.

About these ads

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: